Thursday, August 3, 2017

IRONIS, ANAK TUKANG PARKIR TIDAK DI IZINKAN MASUK KELAS


Raut Wajah Sedih Rizky Bayu Permana Saat Di Tolak Masuk Kelas

Siapa sih yang tidak antusias untuk segera masuk sekolah, Momen Hari pertama masuk sekolah menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap anak. Merasakan dunia baru, Mendapatkan teman baru, lingkungan baru serta bertemu dengan para pengajar menjadi hal yang sangat menyenangkan. Tidak terkecuali bagi seorang anak bernama Rizky Bayu Permana.

Anak seorang tukang parkir asal Malang Jawa Timur  ini sudah bersiap melanjutkan pendidikannya ke jenjang menengah pertama setelah lulus dari Sekolah Dasar. Sebenarnya Ia telah dinyatakan diterima di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 12 Malang. Namun, setibanya di sekolah, apa yang terjadi, Bayu tak kuasa menahan tangisnya.

Dalam video yang diunggah di Youtube tersebut, Bayu bercerita bahwa ia tidak diizinkan masuk ke dalam kelas. Alasannya adalah karena kursi yang seharusnya ditempatiolehnya, sudah diisi oleh ABK (anak berkebutuhan khusus) atas perintah dari kepala sekolah. Sambil menangis, Bayu menceritakan apa yang terjadi di ruang kelas setibanya ia di sana.

Katanya bangkunya di SMP 12 yang kosong sudah diisi sama murid ABK,” ujarnya dalam video tersebut. Tergambar dari raut mukanya, Bayu merasa sangat sedih. Seharusnya ia sudah bisa mengikuti proses belajar di hari pertamanya.

Kendala ini diduga terdapat kesimpangsiuran data dan indikasi adanya permainan pihak Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Malang. Beredar kabar, adanya sistem baru PPDB meninggalkan sejumlah cerita dalam penerimaan siswa baru di sekolah-sekolah.

Hal yang dialami Bayu juga dirasakan oleh siswa-siswa lainnya yang berasal dari keluarga ekonomi bawah. Mereka kesulitan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Tentu ini menjadi ironi dalam dunia pendidikan, karena kita tahu bahwa pendidikan merupakan hak seluruh warga negara, harus ada persamaan hak dan persamaan pelayanan tanpa membeda-bedakan strata sosial peserta didik.

No comments:

Post a Comment

5 MASALAH BESAR DI INDONESIA

Ilustrasi Indonesia Menangis Indonesia negara kepulauan terbesar di Dunia, terdiri dari berbagai macam suku bangsa, ras, bahasa, ada...