Friday, August 4, 2017

5 TIPS BELAJAR YANG EFEKTIF DAN EFISIEN


Dalam agama, proses belajar wajib dilaksanakan semenjak ia kecil hingga akhir hayat, ini yang dikenal dengan istilah Long Life Education. Kegiatan belajar bagi para siswa hingga mahasiswa adalah sebuah rutinitas yang harus dilaksanakan sehari-hari sebagaimana predikatnya sebagai pelajar. Seorang Pelajar atau peserta didik yang baik tentunya harus menerapkan rutinitas belajar yang baik, proses belajar yang baik dan benar adalah proses belajar yang menghasilkan perubahan, yakni  meningkatnya  pengetahuan, sikap dan keterampilannya. Namun apakah proses belajar kamu sebagai pelajar sudah efektif dan efisien? Jika belum, mari simak 5 cara belajar yang efektif dan efisien berikut :

1.   Membangun Suasana Belajar Yang  Nyaman.
Suasana nyaman bisa membuat aktifitas kita menyenangkan, termasuk dalam proses belajar. Mood seorang pelajar kadang sangat menentukan kualitas belajar mereka. Tidak jarang baru sebentar belajar sudah merasa jenuh, ini  tentu sangat tidak baik bagi seorang pelajar. Banyak cara bisa dilakukan untuk membangun suasana yang nyaman dalam belajar sehingga bisa membangkitkan mood belajar yang semangat dan menyenangkan, diantaranya : Belajar sambil mendengarkan musik, belajar di ruangan ber-AC, belajar di tempat yang sunyi dan tenang.

2.   Belajar secara rutin dan tidak lama.
Lebih baik belajar sebentar tetapi rutin daripada belajar lama tapi dilakukan dalam waktu yang tidak tentu. Misalkan belajar pada saat akan ujian saja. Karena metode belajar lama hanya untuk momen tertentu saja biasanya akan cepat lupa dari memori otak kita. Dengan belajar yang efektif maka materi yang kita pelajari akan terus ada di memori. Untuk mencapainya bisa dikakukan dengan pola belajar yang rutin dilaksanakan setiap hari walaupun dalam durasi yang tidak lama, misalkan 30 menit saat pagi sebelum berangkat sekolah,45 menit saat bersantai di sore hari dan 45 menit menjelang tidur. Jikaitu dilaksanakan rutin setiap hari, maka memori otak kita akan terus mengingat materi yang kita pelajari.

3.   Belajar Bersama / Kelompok
Belajar Bersama / kelompok bisa  menjadi kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan karena ditemani oleh beberapa teman dan berada di rumah sendiri sehingga dapat lebih santai. Namun sebaiknya tetap didampingi oleh orang tua agar belajar tidak berubah menjadi bermain. Metode ini seringkali di katakan metode yang efektif dan efisien karena dalam suasana belajar berkelompok yang cukup santai otak menjadi lebih rileks menerima pelajaran/materi yang akan di serap. Selain itu hal-hal yang belum di ketahui akan lebih mudah di selesaikan dengan bekerja sama. Maka sangat dianjurkan untuk belajar bersama untuk menghadapi ujian.

4.   Merangkum Pokok Pembelajaran
Materi pelajaran yang cukup banyak kadang membuat kita menjadi jenuh dan membosankan. Untuk itu untuk menghilangkan rasa bosan tersebut, alangkah lebih baiknya merangkum materi pelajaran yang banyak tersebut. Ya, mencatat pokok-pokok pembelajaran. Kenapa? Karena jika kita membaca materi yang sangat banyak maka akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menyelesaikannya. Untuk merangkum materi tersebut caranya adalah dengan mengambi intisari dari pelajaran tersebut. Hal ini akan membuat kemudahan mengingat dan juga mudah untuk memahami inti dari pembelajaran tersebut.

5.   Disiplin
Apabila kita telah membuat jadwal belajar maka harus dijalankan dengan baik. Contohnya seperti belajar tepat waktu dan serius tidak sambil main-main dengan konsentrasi penuh. Jika waktu makan, mandi, ibadah, dan sebagainya telah tiba maka jangan ditunda-tunda lagi. Lanjutkan belajar setelah melakukan kegiatan tersebut jika waktu belajar belum usai. Bermain dengan teman atau game dapat merusak konsentrasi belajar. Sebaiknya kegiatan bermain juga dijadwalkan dengan waktu yang cukup panjang namun tidak melelahkan jika dilakukan sebelum waktu belajar. Jika bermain video game sebaiknya pilih game yang mendidik dan tidak menimbulkan rasa penasaran yang tinggi ataupun rasa kekesalan yang tinggi jika kalah.

Demikianlah artikel dari saya tentang tips bagaimana agar belajar lebih efektif dan efisien, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung ke Blog Iman Zamonano



2 comments:

  1. Mungkin dengan pomodoro teknik (belajar 25 menit 10 menit istirahat dan kemudian belajar lagi secara berulang) dapat membantu konsistensi pelajar.

    Begitu juga dengan memahami bagaimana otak akan dengan mudah memahami materi dengan mengetahui learning pyramid.

    Mungkin kedua hal tersebut bisa menjadi tambahan untuk tips di artikel ini. Nice post, terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok.. salam kenal, terima kasih sudah berkunjung di blog ini, tambahan tipsnya bisa jadi referensi untuk artikel selanjutnya.

      Delete

5 MASALAH BESAR DI INDONESIA

Ilustrasi Indonesia Menangis Indonesia negara kepulauan terbesar di Dunia, terdiri dari berbagai macam suku bangsa, ras, bahasa, ada...