Saturday, August 5, 2017

5 TIPS MENJADI GURU YANG BAIK DAN MENYENANGKAN


Maju mundurnya peradaban sebuah bangsa ditentukan oleh kemampuan para pendidiknya dalam mengubah karakter generasi penerus bangsa tersebut. Ketiadaan sosok pendidik, mungkin sebuah bangsa yang besar seperti Indonesia tidak akan dapat menikmati hasil jerih payah putra-putri nusantara yang sudah mendorong perkembangan tersebut.

Kemajuan Indonesia hingga saat ini tidak lepas dari peran guru yang telah mendidik dan membimbing anak muridnya menjadi manusia yang berkarakter, dewasa dan berperan aktif dalam pembangunan Indonesia.

Namun, demi mencetak putra-putri bangsa yang cerdas tersebut, hingga saat ini masih banyak guru-guru yang berjuang dalam mensejahterakan dirinya maupun keluarga yang disokongnya.

Penghargaan yang ditujukan kepada mereka juga dinilai masih rendah mengingat betapa penting dan berharganya peran seorang Guru atau Pengajar dalam kehidupan sosial bermasyarakat.

Menjadi Guru yang baik dan menyenangkan tidaklah mudah, bagaimana mereka mampu berinteraksi dengan baik dengan siswa-siswi yang mempunyai karakter yang beragam. Tentunya untuk menjadi guru yang baik dan menyenangkan tersebut diperlukan kiat-kiat khusus. 

Berikut akan kami paparkan 5 Tips menjadi Guru yang baik dan menyenangkan.

1. Jadilah orang tua bagi Murid

Memposisikan diri dengan menjadi orang tua kedua bagi siswa adalah salah satu tugas seorang guru, mereka harus siap menghadapi kemanjaan dan kenakalan mereka, seperti menghadapi anak kandung sendiri. Jangan sampai anak didik di perlakukan kasar ketika mereka berbuat salah.

2. Hindari sikap tegang, selingi humor

Bersikap humoris merupakan cara paling efektif bagi seorang guru untuk mencairkan suasana yang tegang ketika proses belajar mengajar berlangsung. Kadang dalam satu waktu, terjadi ketegangan dan rasa bosan dikelas ketika proses belajar berlangsung, dengan bersikap humoris maka seorang guru mampu menetralisir situasi.

3. Lembut dan Hangat
Semua bentuk interaksi guru dengan siswa haruslah dilandasi dengan kasih sayang dan kelembutan. Ini memang klasik, tetapi inilah yang terpenting. Sebab Allah swt telah berjanji akan memberikan kepada kelembutan, sesuatu yang tidak diberikan oleh-Nya kepada yang lain.

4. Menguasai Materi.

Guru yang Menguasi materi akan selalu berusaha menciptakan metode-metode pengajaran yang bagus, cinta kepada profesi dan kepada anak didik, mengerahkan seluruh kemampuannya dalam mendidik. Seorang yang menguasai materi seyogyangan tidak hanya menjadi seorang pengajar melainkan sekaligus menjadi seorang pendidik.  Hal tersebut karena selain memberikan bekal pengetahuan dan infomasi yang bermanfaat, seorang pengajar juga harus mendidik siswanya dengan ahlak mulia, sekaligus berusaha menjauhkan mereka dari kebiasaan-kebiasaan buruk.

5. Menjadi Guru yang Gaul, Selalu belajar dan update informasi
Guru profesional perlu terus belajar, mengupdate informasi terbaru tentang tugas keguruan. Menambah wawasan pengetahuan melalui media massa, media cetak maupun elektronik, dan media jaringan. Dengan demikian guru tidak akan ketinggalan informasi terkini.

Demikian artikel tentang Tips menjadi Guru yang baik dan menyenangkan. Semoga bermanfaat, dan Terima kasih telah berkunjung ke Blog Iman Zamonano

No comments:

Post a Comment

5 MASALAH BESAR DI INDONESIA

Ilustrasi Indonesia Menangis Indonesia negara kepulauan terbesar di Dunia, terdiri dari berbagai macam suku bangsa, ras, bahasa, ada...